Yogyakarta, Kota Wisata dan Budaya

Yogyakarta sebuah kota wisata dengan budaya yang khas selalu meninggalkan kesan dihati dan tidak pernah sepi dari turis, baik turis domestik maupun mancanegara, terutama di hari-hari libur. Yogyakarta (diucapkan ‘Jogjakarta’ atau Jogja).

Sebagai sebuah kota yang cukup besar di Pulau Jawa, Yogyakarta memiliki berbagai tempat wisata dan budaya. Di mana Anda akan menemukan situs arkeologi sejarah yang paling penting di Indonesia, Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Malioboro

Kawasan perbelanjaan yang legendaris ‘Malioboro‘ menjadi salah satu kebanggaan kota Yogyakarta. Penamaan Malioboro berasal dari nama seorang anggota kolonial Inggris yang dahulu pernah menduduki Jogja pada tahun 1811-1816 M yang bernama Marlborough.

Pantai Parangtritis

Pantai paling terkenal di Yogyakarta, Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai ini.

Gumuk Pasir Yogyakarta

Keberadaan gurun pasir Parangtritis di Yogyakarta ini sebenarnya ini tidak lepas karena keberadaan Gunung Merapi, Gunung Merbabu yang ada di bagian Utara Yogyakarta. Selain itu eksistensi Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis juga ikut menyumbang terbentuknya Gumuk Pasir.

Salah satu yang menjadikan Yogyakarta salah satu kota wisata adalah lokasinya yang strategis. Yogyakarta terletak di jalur-jalur utama, yaitu Jalan Lintas Selatan yang menghubungkan Yogyakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, dan kota-kota di selatan Jawa, serta jalur Yoyakarta Semarang yang menghubungkan Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan kota-kota di lintang tengah Pulau Jawa.

Yogyakarta merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus tempat pendudukan bagi Sultan Yogyakarta dan Adipati Pakualam.

Sebagai kota yang tidak mengenal istilah angkutan kota seperti angkot dan armada minibus, Yogyakarta melayani masyarakatnya dengan menyediakan sejumlah bus Trans Jogja dan taxi antar kota.

 

Yogyakarta terletak di lembah tiga sungai, yaitu Sungai Winongo, Sungai Code (yang membelah kota dan kebudayaan menjadi dua), dan Sungai Gajahwong.

Sistem drainase yang tertata rapi (yang dibangun oleh pemerintah kolonial) ditambah dengan giatnya penambahan saluran air (yang dikerjakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta) membuat kota ini jarang mengalami banjir meskipun terletak di lembah.

Untuk mengunjungi Yogyakarta dengan menggunakan tranportasi udara, Anda akan dilayani oleh Bandara Internasional Adisutjipto yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami via Whatsapp