Pesona Wisata Kaliurang yang Sayang Dilewatkan

Penggila travelling tentunya sudah mengenal dan tidak asing lagi dengan Kaliurang. Kawasan wisata ini sangat terkenal di Jogjakarta yang terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman. Jaraknya 25 km dari pusat kota Jogjakarta. Di masa lalu pada zaman penjajahan kolonial Belanda, lokasi ini menjadi tempat favorit untuk beristirahat para tuan dan nyonya meneer Belanda. Tidak hanya itu, kawasan ini juga menjadi saksi bisu dari peristiwa sejarah yakni lahirnya Notulen Kaliurang pada 13 Agustus 1948 yang merupakan hasil perundingan Indonesia dengan Komisi Tiga Negara. Kini, Kaliurang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya panorama Gunung Merapi. Pasalnya, lokasinya juga berada di dataran tinggi dengan ketinggian yang mencapai 900 meter di atas permukaan laut. Sehingga saat anda berkunjung, tidak akan merasa kepanasan karena hawanya yang sangat sejuk. Suhu di lokasi ini berada di kisaran 20-25 derajat Celcius. Sepanjang perjalanan saat anda menuju ke Kaliurang anda bisa menikmati pemandangan gunung serta bentangan alam yang indah serta udara yang segar dan pastinya sangat jarang anda temukan di perkotaan. Ada banyak destinasi menarik yang bisa anda kunjungi di Kaliurang. Destinasi-destinasi itu tentunya wajib anda kunjungi, seperti.
  1. Museum Vulkanik Merapi
Tujuan yang satu ini tentu menjadi hal yang wajib bagi para wisatawan yang berkesempatan berkunjung ke Kaliurang. Museum Vulkanik Merapi, merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang baru saja diresmikan pada tahun 2010. Museum yang berdiri dengan latar gunung Merapi ini tentunya sangat mengagumkan. Ketika anda memasuki museum, maka anda akan disambut sebuah replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi di tahun 1969, 1994, dan 2004.  Lalu di ruangan yang lain, anda juga bisa melihat tipe letusan gunung api, yang didapat dari koleksi letusan di tahun 2006, batu-batuan gunung Merapi sejak tahun 1930, serta potret gunung dari masa ke masa. Untuk masuk ke dalam museum, pengunjung hanya dikenai tiket Rp 3000 dan Rp 5000 untuk melihat pertunjukan film.
  1. Wisma Doa Emalta
Bagi anda yang ingin berwisata religi, di Kaliurang juga terdapat satu destinasi wisata menarik bagi anda umat nasrani. Wisma Doa Emalta atau biasa disebut dengan Bukit Doa Emalta yang letaknya sekitar 150 meter dari terminal Kaliurang. Anda bisa menempuh perjalanan menuju lokasi dengan mengendarai taksi yang waktu tempuhnya kurang lebih 20 menit dari Bandara Adi Sucipto. Di dalam wisma ini terdiri dari 16 gua doa yang masing-masing goa tersebut diberi nama nabi-nabi di dalam Alkitab. Selain itu juga terdapat 48 kamar doa, dan satu aula yang kapasitasnya hingga 250 orang.
  1. Taman Wisata Plawangan Turgo
Bagi yang menyukai nuansa alami, maka ketika anda berkunjung ke Kaliurang wajib untuk mengunjungi tempat ini, yaitu Taman Wisata Plawangan Turgo. Di sini anda akan disuguhi berbagai pemandangan yang indah berupa hutan tropis serta bebatuan hasil letusan gunung Merapi yang usianya mencapai 40 ribu tahun. Ada juga wilayah-wilayah yang terkena dampak awan panas letusan gunung Merapi di tahun 1994, serta anda bisa menemukan populasi monyet yang ada di lokasi ini.
  1. Goa Jepang
Ini merupakan goa peninggalan penjajahan Jepang di Kaliurang. Bagi pecinta sejarah, lokasi ini cocok untuk dikunjungi. Dulu, goa ini dijadikan tempat berlindung para tentara dari serangan Sekutu. Goa ini memiliki keunikan pada 25 pintu di dalamnya. Pintu-pintu itu saling berhubungan serta kondisinya masih sama seperti dahulu. Untuk mencapainya, anda harus melakukan trekking selama 45 menit. Bila anda kuat, maka anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari Gunung Merapi dengan jarak dekat. Anda tidak perlu khawatir kalau tersesat karena ada pemandu yang akan mendampingi. Demikianlah beberapa lokasi favorit yang bisa anda kunjungi ketika anda ke Kaliurang. Pastinya destinasi-destinasi wisata di atas memberikan anda kepuasan dan momen yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami via Whatsapp